Tugas Individu 4a MPB14
Rangkuman dan Ulasan bacaan “Naskah Akademik Kurikulum Masa Depan Mata
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi”.
Rangkuman
Melalui bacaan, secara jelas bahwa
mutu pendidikan di Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara-negara maju.
Hal ini berkaitan dengan kurikulum pendidikan di Indonesia yang masih belum
siap dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Menurut bacaan, hal ini
disebabkan salah satunya oleh teknologi informasi dan komunikasi yang masih
belum diterapkan bahkan di tingkat pemerintahan dan pelayanan publik. Maka dari
itu, good government atau coorporate gorvernance tidak dapat dilakukan secara
efektif dan efisien. Begitupun dalam bidang pendidikan. Masih banyak para
guru-guru yang belum mengerti teknik menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi. Padahal TIK sendiri sudah sangat jelas perangkatnya seperti telah
disebutkan di dalam bacaan terdapat dasar hukum, peranan TIK untuk pendidikan,
karakteristik teknologi informasi dan komunikasi. Sudah jelas bahwa TIK
memfasilitasi proses belajar mengajar yang efektif dan efisien yang berimbas
kepada mutu pendidikan yang lebih baik.
Ulasan
Berkenaan data tentang belum
efektifnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, jelas
terlihat bahwa teknologi informasi dan komunikasi belum digunakan secara
optimal di segala bidang, khususnya di bidang pendidikan. Masih banyak
sekolah-sekolah yang bahkan masih belum mempunyai perangkat komputer karena
belum mengerti manfaat dari menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
untuk proses belajar mengajar. Atau sebuah sekolah yang sudah mempunyai
perangkat komputer belum dapat digunakan karena berbagai faktor. Selain itu,
para guru di sekolah sebagai fasilitator dalam TIK pun terlihat belum begitu
akrab dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kekurangan tenaga
terlatih sangat diperlukan agar implementasi teknologi informasi dan komunikasi
tidak salah pencapaian dan akibatnya tidak membuat peserta didik sangat
kesulitan dalam menggunakan sistem ini. Lebih lanjut, digital divide sangat dirasakan terutama pada sekolah-sekolah yang
bonafit dan sekolah-sekolah yang tertinggal. Belum meratanya pendidikan juga
menjadi faktor akses yang berbeda yang tentu menunjukkan belum meratanya teknologi
informasi dan teknologi yang berimbas pada mutu pendidikan kita.
No comments:
Post a Comment