Monday, February 10, 2014

Naskah Akademik Kurikulum Masa Depan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi



Tugas Individu 4a MPB14

Rangkuman dan Ulasan bacaan “Naskah Akademik Kurikulum Masa Depan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi”.

Rangkuman
            Melalui bacaan, secara jelas bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara-negara maju. Hal ini berkaitan dengan kurikulum pendidikan di Indonesia yang masih belum siap dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Menurut bacaan, hal ini disebabkan salah satunya oleh teknologi informasi dan komunikasi yang masih belum diterapkan bahkan di tingkat pemerintahan dan pelayanan publik. Maka dari itu, good government atau coorporate gorvernance tidak dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Begitupun dalam bidang pendidikan. Masih banyak para guru-guru yang belum mengerti teknik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Padahal TIK sendiri sudah sangat jelas perangkatnya seperti telah disebutkan di dalam bacaan terdapat dasar hukum, peranan TIK untuk pendidikan, karakteristik teknologi informasi dan komunikasi. Sudah jelas bahwa TIK memfasilitasi proses belajar mengajar yang efektif dan efisien yang berimbas kepada mutu pendidikan yang lebih baik.
Ulasan
            Berkenaan data tentang belum efektifnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, jelas terlihat bahwa teknologi informasi dan komunikasi belum digunakan secara optimal di segala bidang, khususnya di bidang pendidikan. Masih banyak sekolah-sekolah yang bahkan masih belum mempunyai perangkat komputer karena belum mengerti manfaat dari menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk proses belajar mengajar. Atau sebuah sekolah yang sudah mempunyai perangkat komputer belum dapat digunakan karena berbagai faktor. Selain itu, para guru di sekolah sebagai fasilitator dalam TIK pun terlihat belum begitu akrab dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kekurangan tenaga terlatih sangat diperlukan agar implementasi teknologi informasi dan komunikasi tidak salah pencapaian dan akibatnya tidak membuat peserta didik sangat kesulitan dalam menggunakan sistem ini. Lebih lanjut, digital divide sangat dirasakan terutama pada sekolah-sekolah yang bonafit dan sekolah-sekolah yang tertinggal. Belum meratanya pendidikan juga menjadi faktor akses yang berbeda yang tentu menunjukkan belum meratanya teknologi informasi dan teknologi yang berimbas pada mutu pendidikan kita.

No comments:

Post a Comment