Monday, February 10, 2014

Cetak Biru Pengembangan Teknologi dan Komunikasi (TIK) Depdiknas



Rangkuman “Cetak Biru Pengembangan Teknologi dan Komunikasi (TIK) Depdiknas”
Tugas Kelompok 5a Nunu, Mahmudah, Sisca Kelompok 9

            Sudah sangat jelas bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki latar belakang, visi dan misi, tujuan, fungsi dan lingkup sistem, manfaat TIK Depdiknas yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan, kemakmuran dan daya saing suatu bangsa. karena hal tersebut adalah salah satu ciri dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada abad ke-21 ini. Bahkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi elemen dasar dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas, contohnya dalam bidang pelayanan publik seperti pelayanan di rumah sakit, pelayanan pendidikan dalam hal administrasi, dsb. Ini menyebabkan efektivitas dan efisiensi pelayanan/pekerjaan akan semkin baik dan akan semakin banyak orang yang terkena dampak positif akan kemajuan TIK ini.
            Depdiknas sendiri telah melakukan berbagai upaa untuk memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari sejak lama. Dari tahun 1999-2004 DEPDIKNAS telah beberapa kali melakukan program pengenalan TIK seperti: Jarnet (Jaringan Internet Sekolah), JIS (Jaringan Informasi Sekolah), WAN (Wide Area Network), MTU (Mobile Training Unit), Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), TIK Center, Maintence and Repair Information Technology (MRIT), dsb. DEPDIKNAS juga menyediakan program internet dan website di beberapa sekolah dan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak dalam pengembangang teknologi, seperti: CISCO, Microsoft, Micromedia, dsb.
            Dalam melakukan penerapan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi, pemerintah mengalami kendala-kendala dalam perkembangannya, salah satunya yakni terjadi tumpang tindih kepentingan program satu dengan program lainnya di tingkat daerah. Maka dari itu, pemerintah melakukan kebijakan yang dilakukan oleh tim konsultan Blueprint Information Communication Technology.
            Diharapkan dari cetak biru Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan DEPDIKNAS akan menjadi terpadu, berdaya guna, mandiri dan transparan, serta akuntabel.

No comments:

Post a Comment